Jumat, 03 Februari 2012

cara membuat blog


Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.Com

Belum punya blog?..Pas banget..!! Karena kali ini saya akan menuliskan tutorial / panduan cara membuat blog gratis di blogger.com. Tujuan saya menulis panduan bikin blog ini, tidak lain dan tidak bukan hanya untuk sekedar berbagi pengetahuan saja. Barangkali diantara para pengunjung blog kang mizwar ini, ada yang kebetulan membutuhkan panduan tentang cara membuat blog. Entah itu karena tugas bikin blog atau emang ingin belajar membuat blog.
Sebelum mambahas panduan membuat blog, kita singgung sedikit mengenai blog.
Apa itu Blog?
Bicara sekilas tentang blog, blog itu tidak jauh beda dengan web atau situs. Namun tentunya bukan sama sekali tanpa perbedaan, ada beberapa hal yang membedakan antara blog dan web. Salah satunya, blog itu lebih bersifat personal. Artikel atau postingan yang ada di dalam blog, biasanya dibuat oleh perorangan dan selalu di update secara berkala. Nah…bagi yang ingin tau lebih jelas tentang blog, silahkan baca aja artikel apa itu blog.
Kembali ke topik cara membuat blog. Berbeda jika kita ingin membuat web / situs, untuk membuat blog sama sekali tidak diperlukan keahlian khusus di bidang pemrograman web. Selain itu, untuk membuat blog, tidak diperlukan biaya sama sekali (selain biaya internet tentunya :D). Walaupun sebenernya ada juga beberapa CMS (Content Management System) Blog yang membutuhkan biaya hosting untuk penggunaannya. Tapi yang itu kita bahas nanti saja, karena sekarang saya hanya akan menulis panduan cara membuat blog gratis. Dan situs yang akan kita gunakan untuk pembuatan blog kita kali ini yaitu blogger.com.
Membuat Account Google (Email dari Google)
Sebelum kita mulai belajar cara membuat blog di blogger, disini saya menyarankan anda untuk memiliki account google (Email Gmail) terlebih dahulu (jika belum punya). Kenapa demikian?  Dikarenakan blogger.com itu miliki nya google, sehingga jika kita sudah memiliki akun google sebelumnya, proses pembuatan blog di blogger.com akan lebih mudah. Untuk itu, bagi yang belum punya akun google, silahkan bikin terlebih dahulu. Caranya, silahkan baca cara membuat email di gmail.
Bagi yang sudah punya akun google, langsung aja kita mulai panduan cara bikin blog nya yaa… :).
Panduan Membuat Blog di Blogger.com (Blogspot)
1. Buka http://blogger.com di browser anda. Nanti akan muncul tampilan web seperti ini.

2. Pada kolom “google akun”, masukan alamat email anda di gmail beserta passwordnya pada kolom yang telah disediakan kemudian tekan tombol “masuk”. Untuk lebih mempermudah, lihat gambar berikut :

3. Setelah itu, anda akan di bawa ke halaman pendaftaran.
Disini anda harus mengisi kolom “nama tampilan” dengan nama yang anda inginkan (bebas). Biasanya kalo saya di kolom ini, saya tulis nama panggilan saya. Tapi sekali lagi, itu terserah anda.
Setelah mengisi nama tampilan, kasih tanda checklist (click) di kolom”penerimaan persyaratan” kemudian klik “lanjutkan”. Untuk detailnya, lihat gambar yaa :D:

4. Sekarang anda berada di halaman dashboard. langkah selanjutnya, klik “Ciptakan Blog Anda”

5. Sekarang saat nya memberi nama blog anda.

  • Pada kolom “judul blog”, isi dengan judul blog yang anda inginkan. Misalnya untuk blog pribadi dikasih judul -Blog Kang Mizwar-.Intinya, pengisian judul blog itu tergantung dari “untuk apa blog ini dibuat”. Sebagai contoh, saya membuat blog untuk menulis informasi tentang masakan, maka saya kasih judul “Resep Masakan Indonesia”. Begitu juga dengan tema lainnya, gunakan judul blog yang sesuai dengan tema, dan sebaiknya gunakan judul yang singkat padat dan jelas.
  • Sekarang untuk pengisian kolom “alamat blog (url)”.Seperti halnya judul blog, untuk kolom alamat blog ini juga disesuaikan dengan tema blog anda. Dan alamat blog (url) ini, nantinya akan menjadi alamat yang digunakan untuk mengakses blog anda.Namun sayangnya, untuk pengisian alamat blog ini tidak sebebas pengisian judul blog. Karena ada aturannya, yaitu :» tidak boleh menggunakan spasi. c/: http://resepmasakanindonesia.blogspot.com
    » hanya bisa menggunakan karakter minus (-) sebagai pemisah. c/: http://resep-masakan.blogspot.com
    » boleh menggunakan angka c/: http://123.blogspot.com atau http://fantastic4.blogspot.comDan satu lagi yang paling penting, kita harus mengecek terlebih dahulu alamat blog yang kita tulis dengan cara meng klik “cek ketersediaan”. Hal ini dilakukan karena tidak semua alamat blog bisa digunakan (tersedia). Contoh, untuk judul blog resep masakan indonesia kita ingin alamat blognya “http://resepmasakanindonesia.blogspot.com”.  Nah, alamat blog ini belum tentu bisa kita pakai, karena siapa tau alamat blog ini sudah digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, setiap pengisian alamat blog, cek terlebih dahulu apakah masih tersedia atau tidak.
Selanjutnya, jika semua kolom sudah diisi, klik aja “lanjutkan”
6. Saatnya memilih template blog. Silahkan pilih salah satu template blog yang anda sukai dengan cara mengkliknya. Kemudian klik “lanjutkan”

7. Setelah itu akan muncul halaman web seperti ini :

Sampai dengan langkah ini, anda sudah berhasil membuat blog baru. Dan anda bisa mengakses blog anda, di alamat blog yang tadi anda isi (baca langkah 5). Tapi…blog yang baru anda bikin ini benar – benar baru, sehingga belum ada tulisan apapun.
Untuk langkah selanjutnya, klik saja tulisan “mulai blogging ” maka anda akan di bawa ke halaman post editor. Dimana halaman ini merupakan tempat anda untuk menulis artikel (posting) dan juga untuk meng-edit postingan yang telah diterbitkan ke dalam blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar